Home » » Usia Penderita Stroke

Usia Penderita Stroke

Sebagian dari kita menganggap stroke hanya hinggap pada orang lansia saja. Gaya hidup tidak sehat membuat mereka yang berusia muda, yaitu antara 18-45 tahun, semakin berisiko terkena stroke. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan berlemak meningkatkan risiko stroke di kalangan ini.

Menurut data dasar rumah sakit di Indonesia, seperti diungkapkan Yayasan Stroke Indonesia (www.yastroki.or.id), angka kejadian stroke mencapai 63,52 per 100.000 pada kelompok usia 65 tahun ke atas. Secara kasar, setiap hari dua orang Indonesia terkena stroke.

Meski banyak menimpa usia tua, stroke di usia muda harus diwaspadai. Situs Yayasan Stroke Indonesia, menyebutkan ada kecenderungan stroke menyerang usia muda meski situs ini tidak menyebutkan berapa jumlah penderita stroke di usia muda.

Di Indonesia, stroke merupakan penyakit No. 3 yang mematikan setelah jantung dan kanker. Stroke adalah pembunuh no.1 di RS Pemerintah di seluruh Indonesia (survei tahun 2004). Stroke tak lagi hanya menyerang lansia, namun juga generasi muda yang masih produktif. Gaya hidup kerap dikambinghitamkan sebagai penyebab stroke.

Sedangkan, Di Amerika Stroke  menjadi semakin umum terjadi pada usia lebih muda, dimana sekitar satu dari lima orang yang mengalami serangan stroke kini berusia di bawah 55 tahun. Demikian riset tim peneliti Amerika Serikat seperti dilaporkan dalam the American Academy of Neurology Journal. Studi tersebut mengamati 1,3 juta orang di   kawasan Cincinnati dan North Kentucky  Amerika Serikat, dalam 3 periode, tahun 1993, 1999, dan 2005. Ditemukan,   19 persen di antara  mereka yang mengalami stroke tahun 2005, berusia di bawah 55 tahun, naik dari 13 persen di tahun 1993. Peneliti menduga, meningkatnya kasus stroke pada  kelompok usia lebih muda, kemungkinan terkait dengan meningkatnya faktor resiko seperti diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi.  Dalam banyak kasus, stroke sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti pola makan seimbang, berolahraga teratur, dan   memeriksa tekanan darah.

Kini Stroke dapat menyerang atau diderita baik usia tua maupun muda, padahal stroke sangat dapat dicegah dengan gaya hidup sehat yakni mengurangi makanan berlemak tinggi, berhenti merokok, berolahraga dan bila perlu konsumsi makanan / suplemen alami yang dapat mencegah terjadinya stroke.
Advertisement


Thanks for reading Usia Penderita Stroke

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar