Home » » Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

health.com
Deman bersepeda kini mulai melanda Indonesia, dimulai dari gerakan komunitas anak-anak muda yang mencintai model sepeda terkini, dan sepeda-sepeda yang dimodifikasi. Demam sepeda yang dimulai dari anak muda ini tentunya menular ke orang tua juga, karena apa pun yang dilakukan anak muda selama tidak merugikan pasti akan diikuti oleh para orang tua.

Perlu untuk diketahui bahwa bersepeda selain dapat mengurangi polusi udara dari kendaraan-kendaraan bermotor, kegiatan ini juga berdampak positif bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan yang dikutip dari Women Health Magazine:


1. Bersepeda untuk jantung sehat: Olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta penurunan risiko penyakit jantung koroner.

2. Bersepeda baik untuk otot-otot: Mengendarai sepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian belakang.

3. Menjaga ukuran pinggang tetap ideal: Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda, terutama ketika harus menggowes lebih cepat daripada biasanya. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Perpanjang umur: Bersepeda adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan umur Anda. Sejumlah riset menunjukkan bahwa melakukan aktivitas bersepeda secara rutin telah dikaitkan dengan penambahan usia, bahkan ketika harus disesuaikan dengan risiko cedera saat mengendarai sepeda.

5. Bersepeda baik untuk koordinasi: Aktif menggerakan kedua kaki untuk mengayuh, sementara kedua tangan mengendalikan kemudi merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh Anda.

6. Baik untuk kesehatan mental: Bersepeda telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker tertentu.

Jadi bagi anda yang masih ragu untuk melakukan aktivitas bersepeda, ayo mulai sekarang jangan ragu lagi. Janganlah mengumpulkan alasan untuk memulai sebuah langkah positif, Tentunya menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati.


Advertisement


Thanks for reading Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar