Home » » Obat Untuk Mengobati Kencing Batu

Obat Untuk Mengobati Kencing Batu

Artikel ini merupakan beberapa pengalaman orang yang pernah mengalami penyakit kencing batu. Penyakit kencing batu ini menimbulkan gejala yang dirasakan cukup hebat seperti sakit saat ingin buang air kecil dan nyeri pada perut. 

Penyakit kencing batu merupakan cikal bakal dari penyakit gagal ginjal. Hal ini dikarenakan penyakit kencing batu yakni terdapatnya batu pada saluran kemih berhubungan langsung dengan fungsi organ ginjal. Karena ginjal salah satu organ tubuh manusia yang vital keberadaannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia.

Salah satu obat yang banyak digunakan masyarakat untuk mengurangi sakit kencing batu ialah obat sirup Batugin Elixir. Berikut ini adalah penjelasan mengenai obat tersebut:

Penyelidikan Prof. Dr. Sardjito dkk, menunjukkan, bahwa pengobatan dengan ekstrak Sonchus arvensis folia (daun tempuyung ; daun jombang) dapat menghilangkan perasaan sakit pada ureter akibat kolik. Rasa pegal pada pinggang akan sangat berkurang atau hilang sama sekali setealh minum ekstrak ini. Efek simtomatik ini penting sekali karena menciptakan keadaan fisik dan psikis yang menguntungkan kesehatan pasien. 
D. Ma’rifin Husin dan l. B. Oka mengadakan penyelidikan farmakologis tentang khasiat dari Sonchus arvensis L. dan menarik kesimpulan, bahwa khasiat Sonchus arvensis sebagai antikalkulus urinaria mungkin berdasarkan kemampuannya mengadakan relaksasi otot polos (spasmolitik) dan tingginya kadar kalium dalam daun tersebut. Selanjutnya juga ternyata, bahwa ekstrak tempuyung dapat “memecahkan” atau menghancurkan batu urin atau batu saluran kemih sehingga mempermudah pengeluarannya dari dalam tubuh. Dalam hal ini ekstrak tempuyung langsung menghilangkan sebab dari sakit kolik atau sakit pinggang. 
Godogan Strobilanthus crispus folia (daun kejibeling) sudah dikenal dari dahulu sebagai obat yang sangat efektif untuk kencing batu, seperti ternyata dari data-data dari Kloppenburg-Versteegh, K. Heyne dan Seno Sastroamidjojo. Kadar kalium yang tinggi menyebabkan daun ini memiliki sifat sebagai diuretik, sehingga oleh arus air kemih yang deras, batu-batu yang menyumbat saluran dapat terdorong keluar. 
Batugin Elixir memiliki kombinasi sifat-sifat dari kedua macam ekstrak ini, yakni meluruhkan batu urin (nefrolitiasis) dan batu saluran kemih (uretrolitiasis), serta sekaligus mendorongnya keluar akibat arus kemih yang deras.
Banyak yang telah menggunakan obat ini mengatakan, sakit pinggang yang dirasakan mulai mereda dan ketika telah meminum beberapa kali, mulai terasa ada sesuatu yang keluar dari saluran kencing mereka.

Namun, yang harus diperhatikan ialah, apabila Anda mengalami sakit ketika buang air kecil, belum tentu juga Anda terserang penyakit kencing batu, melainkan ada kemungkinan lain Anda terkena infeksi saluran kemih, atau mungkin penyakit yang lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberanikan diri untuk datang langsung ke Dokter terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut.
Advertisement


Thanks for reading Obat Untuk Mengobati Kencing Batu

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar